Skip to main content

Testimoni SKB Wawancara CPNS DOSEN 2023

Hallo sobat dosen atau calon dosen semua. Tahun ini, adakah yang sama seperti saya mengikuti CPNS Dosen? Di tahun ini, saya mencoba lagi untuk kali ke-7 mengikuti CPNS 😋 Sudah banyak ya... Bagaimana dengan sobat semua? Semoga lulus ya kita di CPNS tahun 2023 ini. Tahun 2018 saya sudah pernah mengikuti CPNS dosen, sudah sampai tahap akhir yaitu SKB. Hanya saja nilai akhir saya lebih rendah dari saingan saya, sehingga saya tidak lolos. Tahun 2019 dan 2021 saya mengikuti CPNS juga, tapi saya mengambil formasi fungsional. Entah salah strategi atau memang belum rezeki, saya juga tidak lolos SKB karena tidak lulus rangking walau sebenarnya lulus passinggrade. Tahun 2023 ini saya akhirnya memutuskan untuk mengambil formasi dosen. Di tahun ini, usia saya menginjak 34 tahun, setahun lagi sudah tidak bisa mengikuti CPNS. Hehehehe...

Alhamdulillah CPNS tahun ini saya lolos passinggrade untuk SKD dan maju ke tahap selanjutnya yaitu SKB. Hari ini, Senin 11 Desember 2023 adalah jadwal SKB wawancara. Tidak terlalu banyak yang saya persiapkan hanya lihat di youtube tips-tips menjawab interview, dan mencari tahu apa saja yang sekiranya akan ditanyakan pada saat wawancara. Wawancara SKB dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi zoom. Perasaan nervoeus sudah hadir sejak sehari sebelum wawancara, bahkan mungkin sampai tegangnya sampai hadir di mimpi saat tidur lho sobat  😂

Tiga puluh menit sebelum mulai saya sudah standbye di zoom. Panitia membuatkan beberapa ruang zoom untuk kita sebelum sampai pada tahap wawancara dengan pewawancara. Setidaknya ada 4 ruang yaitu ruang tunggu, ruang validasi, ruang token dan ruang wawancara. Di ruang tunggu panitia memastikan kita mendengar apa yang mereka sampaikan. Panitia juga meminta kita untuk mengisi fakta integritas. Kemudian di ruang validasi panitia meminta kita menunjukkan KTP dan kartu ujian SKB. Di ruang token panitia memberikan kode token untuk masuk ke ruang wawancara. Dan ruang terakhir adalah ruang wawancara, tempat dimana pewawancara akan mengajukan berbagai pertanyaan.

Sobat dosen penasaran dengan apa saja pertanyaan wawancara yang diajukan? Sebelumnya, ada penyesalan dari saya pada saat masuk ke ruang wawancara saya tidak mengenali dan tidak mengetahui nama pewawancara. Mereka juga tidak memperkenalkan diri mereka, sehingga saya tidak menyapanya dengan menyebut nama mereka. Jadi, untuk sobat calon dosen yang masuk sampai tahap wawancara ada baiknya mencari tahu terlebih dahulu petinggi kampus yang akan kita tuju. Sebetulnya saya sudah mencari tahu sebelumnya, tapi di luar dugaan, saya kira pewawancara adalah wakil direktur bidang kemahasiswaan dan kajur dari prodi yang saya inginkan. Ternyata, yang mewawancarai saya adalah wakil direktur bidang kerjasama dan satu lagi ibu-ibu tapi saya tidak tahu.

Baik sobat, berikut ini adalah daftar pertanyaan yang saya ingat dan ditanyakan pada saat interview CPNS SKB Dosen. Semoga daftar pertanyaan ini membantu sobat yang sedang berupaya untuk melamar dosen baik itu CPNS atau non-PNS. Adapun untuk jawaban, sobat bisa menyusun atau menuliskannya sendiri menurut pendapat sobat sekalian. Karena menurut saya setiap orang memiliki situasi dan alasan yang berbeda-beda. Semoga membantu ya 😊

  1. Perkenalkan diri anda
  2. Pengertian toleransi dan contohnya
  3. Saya pernah tidak melanggar peraturan sebagai dosen
  4. Saya memiliki masalah atau konflik tidak dengan teman kerja
  5. Saya pernah tidak mendapatkan perintah dari atasan secara mendadak dan tidak mengerjakan perintah atasan
  6. Jika saya sedang memiliki pekerjaan yang harus diselesaikan, kemudian teman seprofesi atau atasan meminta pertolongan kita atau memberikan perintah kepada kita, bagaimana tindakan kita?
  7. Suami kerja dimana
  8. Saya tinggal dimana
  9. Mengapa saya melamar dosen ASN padahal sudah menjadi dosen
  10. Komitmen dan integritas saya seperti apa
  11. Apakah memiliki masalah dengan lingkungan
  12. Jika diterima dikampus yang saya tuju dengan pluralismenya, bagaimana sikap saya
  13. Dimana pendidikan S2 saya dan mengapa mengambil S2 di kampus tersebut
  14. Capaian saat ini dan target untuk ke depannya
Adapun testimoni dari saya untuk wawancara SKB CPNS dosen kali ini, menurut saya sangat efektif. Dari sisi waktu, tempat dan biaya sangat memudahkan. Hal ini karena wawancara dilaksanakan secara daring. Tahun 2018, saya melakukan SKB wawancara harus datang ke kampus yang saya tuju. Kemudian secara teknis, tepat waktu dan teratur dengan baik proses atau tahapnya. Saya berharap penilaian dari SKB wawancara ini dilakukan secara obyektif. Dan saya juga berharap agar saya lolos dalam CPNS tahun ini. Tetapi apapun hasilnya, semoga itu adalah yang terbaik untuk saya. 

Comments

Popular posts from this blog

MATA KULIAH EKONOMI PERTANIAN SEMESTER GANJIL 2023-2024

Halloo, selamat pagi rekan-rekan mahasiswa. Hari ini adalah hari pertama perkuliahan kita di semester ganjil tahun akademik 2023-2023. Pada semester ini, saya mengajar mata kuliah Ekonomi Pertanian di kelas kalian. Mata kuliah ini terdiri dari 3 sks. Mata kuliah ekonomi pertanian merupakan mata kuliah wajib keprodian yang harus diambil oleh mahasiswa untuk mendukung keilmuan mahasiswa di bidang Agribisnis. Mata kuliah ekonomi pertanian termasuk pada kelompok ilmu-ilmu kemasyarakatan yaitu ilmu yang mempelajari perilaku dan upaya serta hubungan-hubungan antarmanusia. Perilaku yang dipelajari tidak hanya mengenai perilaku manusia secara sempit tetapi juga mencakup persoalan ekonomi lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung yang berhubungan dengan produksi, pemasaran, dan konsumsi petani atau kelompok-kelompok petani. Hal tersebut berarti bahwa analisa ekonomi perusahaan pengolahan hasil pertanian, perdagangan internasional hasil pertanian, kebijakan pertanian, hukum dan hak pert

MATA KULIAH PEMASARAN AGRIBISNIS SEMESTER GANJIL 2023-2024

Halloo, selamat pagi rekan-rekan mahasiswa. Hari ini adalah hari pertama perkuliahan kita di semester ganjil tahun akademik 2023-2023. Pada semester ini, saya mengajar mata kuliah Pemasaran Agribisnis di kelas kalian. Mata kuliah ini terdiri dari 3 sks. Mata kuliah pemasaran agribisnis merupakan mata kuliah wajib keprodian yang harus diambil oleh mahasiswa untuk mendukung keilmuan mahasiswa di bidang Agribisnis. Mata kuliah pemasaran agribisnis termasuk pada kelompok ilmu ekonomi pertanian khususnya yang membahas sektor hilirisasi. Pemasaran Agribisnis dari perspektif makro, mencoba menjelaskan sistem pemasaran secara menyeluruh mulai dari komoditi di tingkat petani produsen sampai produk tersebut di konsumen akhir. Pendekatan ini dari aspek ekonomi, menganalisis aktivitas bisnis yang ada (fungsi-fungsi pemasaran), perusahaan yang terlibat, biaya dan marjin pemasaran, penentuan harga, pasar dari aspek ruang atau wilayah dan waktu, kebijakan-kebijakan yang ada dalam aliran komoditi ters

MATA KULIAH STATISTIK SOSIAL EKONOMI SEMESTER GANJIL 2023-2024

Haloo, selamat malam rekan-rekan mahasiswa. Gimana perkuliahan pertama kita hari ini? Sekilas mengulas mata kuliah statistik sosial ekonomi merupakan mata kuliah keprodian yang wajib diambil mahasiswa dengan jumlah 3 sks dan kode mata kuliah 54201202. Mata kuliah ini diberikan dalam rangka mendukung dan mempersiapkan mahasiswa pada saat waktunya nanti menyelesaikan tugas akhir atau yang disebut dengan skripsi. Mata kuliah statistik sosial ekonomi membahas lebih banyak analisis statistik yang banyak digunakan dalam bidang sosial ekonomi. Diantara materi atau topik yang dibahas pada mata kuliah ini adalah statistik deskriptif dan inferensial; pengertian, jenis dan kegunaan data; pengelompokan data di dalam kelas; penyajian data; ukuran gejala pusat; ukuran penyimpangan; deret berkala; distribusi frekuensi; peran sampel dan populasi dalam penelitian; estimasi; pengujian hipotesis; uji validitas dan reliabilitas; analisis trend dan analisis regresi berganda.  Sebagai mata kuliah statistik