Skip to main content

PERSIAPAN SKB WAWANCARA DOSEN 2023 POLINELA

1. Perkenalkan diri anda!

Assalamu'alaikum Wr.Wb. Baik terimakasih Bapak/ibu atas waktu dan kesempatan yang diberikan. Perkenalkan nama saya Eny Ivan's, S.P., M.Sc. Saya merupakan lulusan dari magister ekonomi pertanian UGM. Sedangkan S1 saya berasal dari Agribisnis UNILA. Alhamdulillah, sejak 2019 saya telah menjadi dosen tetap di Prodi Agribisnis, FP3, UNU Lampung. Selama 4 tahun mengajar, capaian saya adalah sudah mengajukan sertifikasi dosen dan sedang proses di LLDIKTI. Kemudian sudah menginput data untuk pengajuan lektor. Beberapa mata kuliah yang pernah saya ampu antara lain Pengantar Ilmu Ekonomi, Ekonomi Pertanian, Ekonomi Produksi, Pemasaran Agribisnis, Analisis Kelayakan Usaha, Ekonometrika, Kewirausahaan, dan beberapa mata kuliah lainnya. Adapun untuk dharma penelitian dan pengabdian, alhamdulillah rutin saya lakukan di setiap semester, sehingga saya bisa mengikuti BKD dan sudah eligible untuk serdos. 

2. Mengapa anda ingin menjadi dosen?

Baik terimakasih untuk pertanyaannya. Saya akan menjawabnya dengan membaginy pada dua hal. Pertama, secara filosofis saya meyakini bahwa setiap ilmu yang diamalkan adalah pahala jariyah yang akan kita terima. Selama menjadi siswa dan mahasiswa, saya mendapatkan banyak ilmu dari para guru dan dosen saya. Saya ingin meneruskan estafet itu. Dengan menjadi dosen saya berpikir bahwa ruang untuk membagi ilmu akan lebih besar dan lebih luas. Ilmu yang dibagikan tidak akan pernah surut dan menyusut, bahkan seringkali justru bisa menambah ilmu itu sendiri menjadi lebih banyak. Karena kadangkala, mahasiswa kita lebih pintar, lebih dahulu punya pengalaman, dan dari mereka kita mendapatkan ilmu juga. 

Kedua, mengajar adalah passion dan panggilan hati. Pada dasarnya mengajar bukan hanya menjadi dosen. Saya pernah mengajar privat, pernah terlibat aktif mengisi pengajian di komplek perumahan saya sewaktu jadi mahasiswa, pernah menjadi tutor adik-adik SMA dan teman-teman saya dulu saat kuliah merasa lebih mudah memahami materi ketika saya yang menerangkan. Mengajar adalah seni meyampaikan sesuatu untuk lebih dimengerti. Ada banyak metode yang bisa kita gunakan agar mahasiswa kita bisa memahami materi. Dan semua itu, dapat dilakukan oleh seorang dosen.

3. Mengapa ingin menjadi ASN? Padahal gaji ASN kecil?

Menurut saya ASN adalah abdi negara. Sebagai abdi negara, maka sudah selayaknya memberikan waktu dan tenaganya untuk melayani publik, dalam hal ini sebagai dosen ASN.  Sebagai dosen ASN, maka peran utamanya adalah turut memajukan dan mencerdaskan anak bangsa melalui pendidikan, sesuai dengan amanat UUD 1945. Selayaknya profesi yang lain, yang menguntungkan dari ASN adalah pemerintah menunaikan hak ASN dengan menjamin kesejahteraanya melalui upah bulanan dan tunjangan yang lain. Selain itu, ada kesempatan yang lebih besar bagi dosen ASN untuk memperoleh beasiswa untuk melanjutkan pendidikan lanjutan (S3). 

4. Mengapa memilih polinela? Mengapa tidak mengambil universitas padahal anda sudah mengajar di suatu universitas?

Baik terimakasih pertanyaannya. Pertama saya melihat formasi. Kebetulan untuk universitas yang ada di lampung, kualifikasi pendidikan yang diminta tidak ada yang sesuai dengan kualifikasi pendidikan S2 saya. 

Kedua, saya melihat Polinela adalah kampus yang sudah cukup lama berdiri dan dikenal oleh masyarakat luas khususnya di lampung. Visi dari Polinela adalah menjadi pendidikan tinggi vokasi yang berorientasi pada akhlak mulia, disiplin, terampil, mandiri dan kompetitif. Visi ini menurut saya telah terbukti dengan banyak prestasi yang diraih oleh polinela. Yang terbaru adalah mahasiswa polinela mendapatkan juara pada program film dokumenter dan film pendek di ajang e-KTB award yang diselenggarakan oleh Pemprov Lampung.

Adapun keputusan saya memilih prodi pengelolaan agribisnis dikarenakan salah satu tujuannya adalah ingin menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa entrepreneuship. Selain menjadi dosen, saya sendiri adalah seorang perintis usaha mikro dengan produknya kripik pisang. Usaha saya sudah berjalan dari 2021 dengan nama pasar @kripikbawen_lampung. Alhamdulillah produk saya sudah PIRT. Penjualan saya lakukan secara online dan offline. Online saya pasarkan melalui media sosial, sedangkan offline saya masukkan ke toko oleh-oleh di Metro. Jadi antara goals dari prodi pengelolaan agribisnis dengan aktivitas keseharian saya sangat berhubungan. Oleh karena itu saya berminat untuk begabung di prodi Pengelolaan Agribisnis. 

5. Apa bedanya polinela dengan universitas?

Baik terimakasih pak. Menurut saya polinela adalah perguruan tinggi yang menyediakan pendidikan berbasis vokasi. Vokasi yang saya tahu adalah pendidikan yang lebih berfokus pada praktek kerja yang dapat menunjang keahlian di bidang studi tertentu. Alumni dari Polinela dipersiapkan untuk menjadi tenaga yang siap bekerja dan mampu bersaing secara global di bidangnya, yang dibekali dengan keterampilan, keteknikan dan teknologi yang relevan dengan perkembangan zaman.

Sementara Universitas adalah pendidikan tinggi yang menyediakan interdisipliner ilmu yang terdiri dari berbagai macam fakultas sebagai payung dari setiap rumpun bidang keilmuan yang ada. Jenjang pendidikan di dalam universitas terdiri dari sarjana, magister dan doktor dimana alumni dari universitas dipersiapkan selain untuk dunia kerja juga untuk menghasilkan para ahli di suatu bidang ilmu.

6. Apa keunggulan anda sehingga kami dapat memilih anda?

Baik terimakasih. Dalam Tridarma, untuk pengajaran saya sudah mengajar banyak mata kuliah keprodian. Beberapa metode pengajaran yang pernah saya terapkan seperti studi kasus, project based learning, ceramah, dan student center learning. Saya juga sudah memiliki beberapa modul pembelajaran (ekonomi pertanian, pengantar ilmu ekonomi, perilaku konsumen, kewirausahaan, ekonomi produksi pertanian, teknologi produksi agribisnis), namun belum sampai diterbitkan. 

Adapun dari sisi penelitian, saya sudah terbiasa mempublikasikan karya ilmiah di berbagai jurnal baik yang bersinta maupun belum. Publikasi saya bisa dilihat di google scholar. Artikel publikasi saya hasilkan setiap semester untuk BKD dosen. Dari penelitian itu juga bisa saya konversikan ke dalam materi ajar seperti misalnya analisis studi kelayakan di suatu UMKM. Karena saya mengajar kewirausahaan dan analisis studi kelayakan usaha, maka hasil penelitian tersebut saya gunakan untuk bahan ajar di perkuliahan.

Tridarma yang ketiga yaitu PKM. Memang dari tiga tridarma tersebut, saya cenderung menyukai kegiatan pengabdian masyarakat. Alhamdulillah, saya sudah dua kali mendapatkan dana hibah internal dari kampus saat ini mengajar untuk pengabdian dan penelitian. Beberapa materi yang pernah saya sampaikan dalam kegiatan PKM adalah pembuatan pupuk organik, pembuatan cocopeat, penyusunan bisnis model canvas, pengolahan bunga rosela menjadi ragam varian makanan, sosialisasi gemar menanam dan praktik menanam hidroponik, dan yang terbaru adalah pembuatan pupuk kompos dan pembuatan ecobreak bersama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan PT Pertamina. 

7. Bagaimana target atau mission anda ketika lolos menjadi dosen di polinela?

Baik terimakasih. Mission job saya ketika lolos menjadi dosen tentunya berkaitan dengan Tridarma. 

1) untuk pengajaran, saya akan lebih mengeksplore metode pembelajaran berbasis project. menurut saya metode PBL sangat relevan untuk dipakai oleh manusia dewasa seperti mahasiswa. Dengan PBL mahasiswa diberikan ruang dan kebebasan untuk mengeksplore kemampuan dirinya sendiri. Sementara dosen menjadi fasilitator. Saya juga berencana untuk menerbitkan buku ajar yang sudah saya buat, sehingga dapat digunakan oleh mahasiswa untuk belajar.

2) untuk penelitian, sejauh ini alhamdulillah saya dapat melaksanakannya secara rutin di setiap semester. Penelitian yang sudah saya lakukan, sebagian besar membahas tentang kelayakan suatu usaha (entrepreneur) dan tentang produksi pangan khususnya padi. Target saya adalah dapat secara rutin melakukan publikasi pada jurnal bersinta atau terakreditasi, dan juga ingin mendapatkan hibah penelitian sehingga bisa mengembangkan atau mengambil topik penelitian yang lebih berbobot terutama kaitannya dengan teknologi di sektor pertanian. 

3) untuk pengabdian, saya akan berkolaborasi dengan berbagai stakeholder seperti pemerintah, organisasi, petani, masyarakat dan elemen lainnya untuk menciptakan suatu kegiatan yang bermanfaat. saya juga berharap bisa mendapatkan dana hibah eksternal seperti PDP. Sejauh ini, dari tiga dharma, passion saya atau kecenderungan minat saya lebih besar kepada kegiatan PKM. Menurut saya, sebagai pendidik profesional, ilmu yang kita miliki dapat lebih besar manfaatnya dirasakan tidak hanya oleh mahasiswa tetapi juga masyarakat luas. 

Adapun untuk upgrade bidang keilmuan, saya berencana untuk melanjutkan pendidikan S3. Pendidikan S3 ingin saya tempuh setidaknya setelah 2 sampai 3 tahun mengabdi menjadi ASN di kampus baru. Kampus yang ingin saya tuju adalah kampus di IPB atau UGM. Adapun tema disertasi yang ingin saya ambil berjudul, "Konsep Kelembagaan dan Hilirisasi Produk Pertanian di Provinsi Lampung". 

Sebetulnya untuk pemerintah provinsi lampung, sudah menyadari pentingnya hilirisasi produk pertanian diantaranya dengan mengeluarkan program e-KTB yang bertujuan untuk mengintegrasikan semua kepentingan pertanian sehingga meningkatkan kesejahteraan petani. Akan tetapi, pada realisasinya saya check pada menu e-pemasaran program e-KTB ini tidak ada produk yang ditawarkan. Hal ini menunjukkan bahwa ada banyak bentuk atau masalah pada sub sistem hilir sehingga perlu dicari strategi yang pas. 

Polinela sendiri bulan desember ini menjuarai ajang e-KPB melalui ajang film pendek dan film dokumenter oleh mahasiswa polinela. Melalui ajang ini sebetulnya kita bisa menampilkan atau menceritakan problem petani pada kondisi real terutama di sub sistem hilir, sehingga bisa kita cari solusinya bersama-sama. 

8. Anda kan sudah bekerja sebagai dosen tetap di kampus anda saat ini kurang lebih 4 tahun. Bagaimana seandainya anda lolos menjadi ASN tetapi tidak disetujui oleh pimpinan anda di kampus anda saat ini?

Baik pak, terimakasih. Saya tidak menampikkan bahwa pekerjaan saya di kampus yang sekarang telah membentuk pribadi saya lebih baik terutama dalam menjalani profesi dosen. Itu adalah anugrah dan amanat yang saya terima dan jalankan. Saya merasa jika saya mengikuti CPNS kemudian saya lolos dan saya pergi dari kampus saya mengajar saat ini, saya tidak mengkhianati siapapun. Karena memang tidak ada tandatangan kontrak atau kesepakatan tertulis yang terjadi antara saya sebagai pegawai dan kampus sebagai instansi saya bekerja. Tentu ketika pimpinan tidak memperbolehkan, pasti ada alasan logisnya. Dan saya akan mengajak beliau untuk berdiskusi, mencari solusi bersama-sama jika itu soal jumlah minimum dosen prodi yang berkurang dan secara bijak meminta kesediaannya untuk memberikan surat lolos butuh. Adapun jika beliau menolak, saya akan mengikuti prosedur yang ada, diantaranya adalah meminta bantuan dari LLDIKTI 2 untuk membantu menguruskannya seperti cerita teman2 saya yang pernah mengalami hal serupa. Pada intinya, saya tidak merugikan pihak manapun. Selama ini saya menjalankan kewajiban saya dengan baik, bahkan ijazah saya lah yang menjadi pondasi untuk berdirinya program studi agribisnis di kampus saya mengajar saat ini.

Comments

Popular posts from this blog

MATA KULIAH EKONOMI PERTANIAN SEMESTER GANJIL 2023-2024

Halloo, selamat pagi rekan-rekan mahasiswa. Hari ini adalah hari pertama perkuliahan kita di semester ganjil tahun akademik 2023-2023. Pada semester ini, saya mengajar mata kuliah Ekonomi Pertanian di kelas kalian. Mata kuliah ini terdiri dari 3 sks. Mata kuliah ekonomi pertanian merupakan mata kuliah wajib keprodian yang harus diambil oleh mahasiswa untuk mendukung keilmuan mahasiswa di bidang Agribisnis. Mata kuliah ekonomi pertanian termasuk pada kelompok ilmu-ilmu kemasyarakatan yaitu ilmu yang mempelajari perilaku dan upaya serta hubungan-hubungan antarmanusia. Perilaku yang dipelajari tidak hanya mengenai perilaku manusia secara sempit tetapi juga mencakup persoalan ekonomi lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung yang berhubungan dengan produksi, pemasaran, dan konsumsi petani atau kelompok-kelompok petani. Hal tersebut berarti bahwa analisa ekonomi perusahaan pengolahan hasil pertanian, perdagangan internasional hasil pertanian, kebijakan pertanian, hukum dan hak pert

MATA KULIAH PEMASARAN AGRIBISNIS SEMESTER GANJIL 2023-2024

Halloo, selamat pagi rekan-rekan mahasiswa. Hari ini adalah hari pertama perkuliahan kita di semester ganjil tahun akademik 2023-2023. Pada semester ini, saya mengajar mata kuliah Pemasaran Agribisnis di kelas kalian. Mata kuliah ini terdiri dari 3 sks. Mata kuliah pemasaran agribisnis merupakan mata kuliah wajib keprodian yang harus diambil oleh mahasiswa untuk mendukung keilmuan mahasiswa di bidang Agribisnis. Mata kuliah pemasaran agribisnis termasuk pada kelompok ilmu ekonomi pertanian khususnya yang membahas sektor hilirisasi. Pemasaran Agribisnis dari perspektif makro, mencoba menjelaskan sistem pemasaran secara menyeluruh mulai dari komoditi di tingkat petani produsen sampai produk tersebut di konsumen akhir. Pendekatan ini dari aspek ekonomi, menganalisis aktivitas bisnis yang ada (fungsi-fungsi pemasaran), perusahaan yang terlibat, biaya dan marjin pemasaran, penentuan harga, pasar dari aspek ruang atau wilayah dan waktu, kebijakan-kebijakan yang ada dalam aliran komoditi ters

MATA KULIAH STATISTIK SOSIAL EKONOMI SEMESTER GANJIL 2023-2024

Haloo, selamat malam rekan-rekan mahasiswa. Gimana perkuliahan pertama kita hari ini? Sekilas mengulas mata kuliah statistik sosial ekonomi merupakan mata kuliah keprodian yang wajib diambil mahasiswa dengan jumlah 3 sks dan kode mata kuliah 54201202. Mata kuliah ini diberikan dalam rangka mendukung dan mempersiapkan mahasiswa pada saat waktunya nanti menyelesaikan tugas akhir atau yang disebut dengan skripsi. Mata kuliah statistik sosial ekonomi membahas lebih banyak analisis statistik yang banyak digunakan dalam bidang sosial ekonomi. Diantara materi atau topik yang dibahas pada mata kuliah ini adalah statistik deskriptif dan inferensial; pengertian, jenis dan kegunaan data; pengelompokan data di dalam kelas; penyajian data; ukuran gejala pusat; ukuran penyimpangan; deret berkala; distribusi frekuensi; peran sampel dan populasi dalam penelitian; estimasi; pengujian hipotesis; uji validitas dan reliabilitas; analisis trend dan analisis regresi berganda.  Sebagai mata kuliah statistik